MENU

Sandiaga Uno : Ujung-Ujungnya Manusia atau Ujung-Ujungnya Duit?

Gambar : Dr. Sandiaga Salahuddin Uno saat menyampaikan Webinar Nasional

Lombok Timur, Pejuangmuda.com – Dapat dikatakan bahwa krisis ini terbilang unik. Pandemi Covid-19 dampaknya luar biasa, banyak yang terkena virus ini. Namun Krisis ini bukan yang pertama, pada 1920an di Indonesia  tercatat 8% populasi tewas karena wabah.

Situasi ekonomi yang sulit, solusi bagi UMKM adalah silaturahmi. Ujung-ujungnya manusia. Hal ini disampaikan oleh Sandiaga Uno, Tokoh pengusaha sukses nasional yang juga Founder OK OCE, dalam Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Hamzanwadi, Nusa Tenggara Barat. Selasa, 20 Oktober 2020.

“Saya dulu juga kena krisis 97, namun dibalik krisis menjadi berkah. Ayo kita bangkit! Yang terpenting adalah sekeliling kita, apa tantangan, dan apa action yang kita ambil dan dampaknya pada masyarakat. Sekarang bukan lagi UUD, ujung-ujungnya duit, sekarang ujung-ujungnya manusia,” ungkap Sandi.

Dalam paparannya, Sandi juga menjelaskan bahwa situasi seperti ini bukan lagi mencari atau meributkan kesalahan. Dirinya mencontohkan tokoh Churcill, yang tidak mencari kesalahan, dia akan  mencari persatuan.

“Ini saatnya kita bersatu padu. Musuh kita kali ini adalah covid-19. Lihat sekeliling kita buka lapangan kerja untuk atasi krisis ekonomi,” jelasnya

Solusi lain dari Sandi bagi pelaku usaha agar dapat bertahan yakni membangun ekosistem, bangun silaturahmi yang lebih penting. Dengan adanya ekosistem masyarakat dapat bertahan, misalnya jualan lewat whatsapp, instagram.

“Saya juga sekarang memberikan endorse gratis, tampil di podcast saya, dll”, imbuhnya

Pada situasi ini, Sandi mengajak untuk jangan banyak mengeluh, kita harus mampu melihat dan ambil peluang untuk menjadi pemenang.  Dirinya juga memberikan contoh saat Setelah pandemi flu spanyol 1920, industri kreatif berubah. Masyarakat Spanyol akhirnya  menciptakan film yang membangkitkan semangat dengan harga terjangkau.

“Hal ini juga bisa jadi saatnya NTB menjadi juaranya pariwisata! Jaman now kita harus cari peluang khusus yang bisa kita dapatkan dari krisis ini!”, Tutup Sandi.

Universitas Hamzanwadi bersama OK OCE Indonesia melalukan kerjasama penandatanganan MOU yang dihadiri Ketua Pusat Karir dan Kerjasama Alumni, Dr. Muhamad Ali, Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi. Kerjasama ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya. (*)