Mataram, Pejuangmuda.com — Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah menegaskan bahwa seiring dengan berjalan waktu dan proses belajar yang cepat serta cermat, kini produk-produk Nusa Tenggara Barat sudah siap untuk berkompetisi.

“Bukan hanya di pasar NTB, tapi juga pasar Nasional, bahkan pasar Global. Kalau tak percaya ayo sesekali kunjungi www.ntbmall.com,” ajak Gubernur NTB pada Ahad (3/1).

Menurut orang nomor satu di NTB itu, bahwa dibalik musibah, diyakininya selalu ada hikmah, begitupun di NTB. Dicontohkannya, pandemi corona menyebabkan munculnya Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang.

Bantuan sosial kepada masyarakat ini, kata dia, diberikan tidak dalam bentuk uang tunai, namun lebih dalam bentuk produk dan komoditas lokal. “Hasilnya hampir 5000 UKM terlibat dan menguak potensi UKM-UKM yang punya kemampuan dalam memproduksi berbagai macam produk dan Komoditas,” kata Bang Zul kerap Gubernur disapa.

Diungkapkan Gubernur, NTB ternyata tak hanya mampu membuat produk-produk sederhana seperti masker, ikan asin, kue dan lainnya, tapi juga mampu menciptakan produk berteknologi tinggi. Antara lain, sebut Bang Zul, yaitu sepeda motor listrik dan cold storage.

“Ternyata bisa kita buat dan produksi di NTB kita ini. Tentu awalnya kualitas produk lokal kita berada di bawah produk-produk dari Luar. Harganya pun relatif lebih tinggi. Karenanya dibutuhkan intervensi pemerintah untuk memberi waktu pada UKM-UKM dan produsen kita untuk Belajar (learning),” kata Bang Zul.

Oleh karenanya, Gubernur kelahiran asal Sumbawa itu mengajak masyarakat NTB seharusnya bangga membeli dan menggunakan produk buatan lokal. Karena, sambung dia, tanpa kebanggaan dan keinginan untuk menggunakan produk lokal NTB, maka kemandirian ekonomi di NTB tetap akan jadi sekedar angan-angan.

“Tapi kalau kesadaran itu muncul dan kita semua mau, maka pondasi ekonomi kita akan kuat, industri dan UKM akan muncul, ekonomi kita akan tangguh dan tahan guncangan untuk kemudian masyarakat kita akan makmur dan sejahtera,” tuturnya.

“Kalau kita makmur dan sejahtera, maka pengangguran dan kemiskinan akan bisa kita entaskan dan standar hidup masyarakat kita akan meningkat dan jadi lebih baik. Perjalanan panjang, selalu harus di mulai dengan langkah pertama. Ayo berkunjung dan berbelanja ke www.ntbmall.com,” demikian ajak Gubernur kepada masyaramat untuk dapat bela dan beli produk lokal NTB.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol yang kini nomenklaturnya telah resmi berubah menjadi Biro Administrasi Pimpinan Setda NTB, Najamuddin Amy menjelaskan tentang NTB Mall. Dikatakannya, NTB Mall merupakan situs jual beli Online (E-Commerce) produk-produk UMKM asli unggulan Nusa Tenggara Barat. “NTB Mall secara resmi diluncurkan pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2020,” ujarnya.

Peresmian NTB Mall dilakukan langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr H Zulkieflimansyah, diresmikan setelah upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75. Adapun NTB MALL juga memiliki Offline Store yang terletak di Kantor Dinas Perdagangan – Nusa Tenggara Barat dan secara resmi diluncurkan pada hari ulang tahun Nusa Tenggara Barat tanggal 17 Desember 2020.

“Peresmian NTB Mall Offline Store juga dilakukan langsung peresmian oleh Gubernur NTB pada saat HUT 62 NTB 17 Desember 2020 yang lalu bersamaan kehadiran Kang Emil Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat berserta istri. NTB Mall merupakan inovasi dari Dinas Perdagangan Provinsi NTB untuk memasarkan produk-produk asli yang dibuat oleh para UMKM di daerah pulau Lombok dan Sumbawa,” kata pria yang kerap disapa Bang Najam ini.

Diungkapkannya, bahwa NTB Mall hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (NTB) dalam bentuk website, aplikasi Android dan IOS, serta Offline Store. Para pelaku UMKM tidak semuanya bisa dimasukkan ke NTB Mall tapi harus melalui seleksi, salah satunya harus asli produk NTB.

Produk-produk UMKM ini terdiri dari makanan dan minuman seperti kopi Lombok dan Sumbawa, olahan kue kering, olahan rumput laut, berbagai macam sambal khas NTB, dll. Lalu produk fashion seperti kain tenun/songket, baju tenun/songket, tas tenun/songket, dan lain-lainnya.

“Selain fashion terdapat produk kecantikan dan kesehatan yang bahkan sudah banyak yang terdaftar di BPOM seperti masker muka, lulur, minyak herbal dan masih banyak lagi. Berikutnya selain produk kecantikan, kesehatan, dan fashion ada juga produk kerajinan seperti kerajinan tangan, kayu, gerabah, ketak, cukli, daur ulang sampah, dan juga ada perhiasan yaitu perak serta mutiara NTB yang sudah dikenal kualitasnya, bukan saja di dalam negeri tapi sampai luar negeri,” jelas pria kelahiran Sumbawa Barat (KSB) tersebut.

Lebih jauh diterangkan Bang Najam, selain produk yang dijual, NTB Mall juga melayani pembelian pulsa hingga PPOB pembayaran. Adapun kelebihan NTB Mall untuk semua pelapak dan pembeli, yakni didukung penuh oleh Pemprov NTB. Kemudian, Bisa kirim barang hingga asia tenggara dengan sistem COD, memiliki ribuan reseller yang siap memasarkan produk. Bahkan, adanya pelatihan secara berkala online dan offline.

“Ada juga costumer service (CS) yang melayani. Memiliki fasilitas pengiriman hingga internasional. Harga produk terjangkau karena adanya pembanding produk market. Platform marketplace yg mudah digunakan. Daftar jadi pelapak gratis 100%. Semua ASN di NTB nantinya diwajibkan menggunakan aplikasi ini dan setiap bulan akan ada hari belanja produk lokal di NTB Mall. Adanya subsidi ongkir dari Pemprov NTB yang membuat pelanggan lebih hemat. Iklan NTB Mall akan ada dimana-mana, karna akan dikerahkan semua putra-putri NTB untuk mengenalkan NTB Mall jadi kebanggaan NTB dengan hastag #DariNTBuntukINDONESIA yang terpampang di koran, baliho, dan semua status sosmed anak-anak NTB,” demikian Najamuddin Amy. (*)

Share.

Leave A Reply