Intro Price! Get Pixwell WordPress Magazine Theme with ONLY $59

Dinas LHK NTB Fokuskan Satu Data Mata Air dan Penanganan Water Balance

Mataram, Pejuangmuda.com – Fokuskan Satu Data Mata Air dan Penanganan Water Balance, Dinas LHK NTB dengan Pihak Terkait lakukan Koordinasi dan Sinkronisasi Data Awal. Pertemuan Mata Air kali ini dilaksanakan di Ruang Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas LHK NTB pada hari Rabu, 20 Januari 2020.

Pada kesempatan ini, Dinas LHK NTB bersama dengan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I, Dinas PUPR NTB, BPDASHL-DMY, FORDAS dan Bidang PSPPL DLHK NTB membahas bagaimana nantinya seluruh data terkait mata air dan penanganan Water Balance dapat terpusat pada Satu Basis Data.

“Ibu Wagub NTB memiliki atensi terhadap mata air dan mulai mempertanyakannya. Wagub menginginkan Stakeholder terkait mulai mensingkronkan dan memperhatikan keterpaduan data, sehigga diharapkan NTB memiliki Base Data lengkap terkait Mata Air dalam Satu Data lengkap”, ujar Kabid RPM.

Perlunya mensingkronisasi data dikarenakan terdapat perbedaan data mata air pada masing-masing sumber data yang tersedia. Untuk memastikan lancarnya kegiatan tersebut, maka akan dibentuk Forum Mata Air yang nantinya akan menjadi lebih intens dalam pembahasan lebih lanjut terkait mata air NTB.

“Harapannya, dengan terbentuknya Forum Mata Air ini kan menjadi wadah dimana kita lebih intens lagi dalam membahas terkait Mata Air yang ada di NTB”, ungkapnya.

Langkah kedepannya akan difasilitasi pertemuan lanjutan dalam membahas matrik pelaksanaan dan sinkronisasi data oleh seluruh pihak terkait. Masalah yang dihadapi saat ini ialah terkait menurunnya atau berkurangnya titik-titik mata air sehingga masalah ini menjadi perhatian utama untuk kita semua.

Tak hanya stakeholder terkait, keterlibatan Swasta yang bergerak dibidang pemanfaatan air seperti perusahaan-perusahaan penyedia air minum dan air bersih harus dilibatkan juga dalam pengelolaan dan pemanfaatan secara berkelanjutan.

Masalah pengembangan kelembagaan di tingkat tapak ( kelembagaan pengelolaan mata air) diharapkan menjadi perhatian kita bersama dalam mendukung kelestarian mata air.
Dalam pertemuan ini, terdapat beberapa hasil yang diperoleh antara lain :
1. Semua peserta Rapat bersepakat bahwa satu data untuk jumlah dan kondisi mata air di NTB dengan wali data ada dinas LHK Prov. NTB,
2. Terbentuknya forum diskusi dan silaturahmi sebagai wadah dalam membahas kondisi dan perkembangan serta upaya tindak lanju dalam rangka melestarikan sumber air yang ada,
3. Agenda pertemuan akan dilakukan setiap bulan dan tempat pertemuan dijadwalkan secara bergilir pada masing masing OPD.
4. Setelah Sinkronisasi data ditingkat Provinsi, akan dilakukan juga sinkronisasi data di tingkat kab/ kota yang melibatkan dinas LH kab/ kota.
5. Akan melibatkan akademisi dalam penentuan kualitas air di NTB dan mengujinya di Lab. Lingkungan Dinas LHK NTB.

“MARI BERSAMA SAMA MENJAGA ALAM DAN LINGKUNGAN SERTA KEKAYAAN ALAM LAINNYA SEBAGAI WARISAN BAIK UNTUK ANAK CUCUK KITA”