Photo bersama Ahmad Alimuddin selaku CEO Alan Creative bersama Kepala Desa Jatisaba dan Staf.

Pejuangmuda.com, Purbalingga – Ditengah kemajuan teknologi dan pesatnya arus informasi, Alan Creative menghadirkan salah satu produk untuk membantu pemerintah desa di seluruh Indonesia. Produk aplikasi berbasis web ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa untuk meningkatkan kinerja dan mendukung keterbukaan informasi serta memudahkan proses pengajuan beberapa layanan yang ada di desa.

Untuk mendukung hal itu, Alan Creative dan Pemerintah Desa Jatisaba, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah sepakat menjalin kerjasama untuk implementasi AlanDesa di Jatisaba. Aplikasi yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap dalam menunjang kinerja desa ini tentunya diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja dan pelayanan di desa Jatisaba.

Ditemui di kantornya, Endah -Kades Jatisaba- mengatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu sebagai modal transparansi pemerintah desa kepada masyarakat.

“Kami tertarik sekali untuk mengimplementasi ini karena kami merasa ini sangat membantu dan menjadi modal transparansi kami kepada masyarakat desa.” Ujar Endah selaku Kepala Desa Jatisaba.

Disamping itu, Endah juga mengatakan bahwa hadirnya AlanDesa ini adalah langkah kongkrit untuk membantu agar desa-desa yang ada bisa memberikan layanan yang optimal.

“Soalnya ini sangat penting ya untuk mengoptimalkan layanan yang ada.” Tambahnya.

Setelah pertemuan dan mencapai kata sepakat, Alan Creative dan Pemdes Jatisaba akan mengimplementasi aplikasi ini dalam waktu dekat.

“Insya Allah kita implementasi paling cepat dalam bulan ini atau selambat-lambatnya bulan agustus setelah APBDes Perubahan.”

Selain itu, Ahmad Alimuddin selaku CEO Alan Creative mengungkapkan bahwa hadirnya AlanDesa didasarkan pada pengalaman mengembangkan banyak website desa di beberapa kabupaten di Indonesia, sehingga banyak kebutuhan-kebutuhan perangkat desa yang belum dapat membantu memudahkan kerja para perangkat desa.

“Sejak 2016 kami sudah membangun website, khususnya untuk pemerintah desa. Seiring berjalannya waktu, kami menyadari, perlu menghadir fitur-fitur yang dapat membantu untuk meningkatkan layanan kependudukan, administrasi, arsip, hingga pengaduan masyarakat kepada desa.”

Selain itu, Alim juga menambahkan bahwa AlanDesa ini hanya nama produk dari Alan Creative, sehingga ketika diimplementasi, namanya bukan lagi Alan Desa, tetapi menjadi nama masing-masing desa.

“Jadi kita punya banyak produk yang kami hibahkan untuk pemerintah, salah satunya ya Alan Desa ini. Ketika di implementasikan ya namanya jadi nama masing-masing desa. Tapi kita akan tetap full support selamanya.” Tambah Alim.

Selain karena aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang banyak tersebut, aplikasi ini juga sudah menjadi satu kesatuan dengan website. Sehingga menurut Alim desa tidak perlu membuat website desa secara terpisah.

“Tidak perlu bikin website desa sendiri aplikasi layanan sendiri. Sudah jadi satu kesatuan. Tinggal implementasi dan pakai.” Tutup Alim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here