Jalik Rumbuk adalah nama yang Familier bagi masyarakat sasak kalau di bahasa indonesiakan jalik yang berarti tungku yang terbuat dari tanah atau bisa juga kompor .dan rumbuk adalah nama sebuah desa yang ada di kecamatan Sakra kabupaten Lombok Timur.

Mataram, Pejuangmuda.com – Jalik Rumbuk adalah nama yang Familier bagi masyarakat sasak kalau di bahasa indonesiakan jalik yang berarti tungku yang terbuat dari tanah atau bisa juga kompor .dan rumbuk adalah nama sebuah desa yang ada di kecamatan Sakra kabupaten Lombok Timur.

Jalik rumbuk adalah sebuah nama rumah makan yang bertempat di kota mataram, tepatnya di Jl. Langko No. 13, Mataram (sebelah timur masjid Raya Attaqwa Mataram) yang di bangun sekitar pertengahan tahun 2020 yang menjual bermacam kuliner khas desa rumbuk, seperti soto kikil, sumsum, sesiong dan lain – lain.

“Sejarah berdirinya Rumah Makan Jalik Rumbuk berawal dari sebuah kumpulan Masyarakat rumbuk yang tinggal di kota mataram, yang kangen dengan masakan kampung halaman mereka sehingga, muncullah ide untuk membuat rumah makan khas desa rumbuk agar masyarakat rumbuk yang ada di mataram tidak perlu pulang ke Lombok Timur untuk membeli makan khas kampung halaman mereka” ungkap Asry Owner sekaligus penggagas Rumah Makan ini saat di temui di kediamannya rabu (11/11)

Selanjutnya asry menjelaskan jalik Rumbuk dibuat bukan sekedar untuk memenuhi hajat orang rumbuk yang kangen masakan khas kampung halaman mereka akan tetapi jalik rumbuk juga untuk mempromosikan ke masyarakat yang belum mengenal .masakan khas desa rumbuk di NTB khususnya di Kota Mataram.

“Sudah beberapa pejabat yang sudah mampir disini seperti para anggota dewan dan pejabat – pejabat yang lain baik yang di mataram maupun di luar mataram seperti lombok timur, lombok tengah dan lain – lain” ucapnya

Jalik rumbuk menawarkan harga yang bermacam – macam dan tentu ekonomis sambung asry, jadi pengunjung yang datang tidak perlu khawatir dengan isi kantongnya. Dengan banyaknya pilhan yang beraneka ragam dan tentu memanjakan lidah para pengunjung , karna kokinya asli orang – orang yang berasal dari rumbuk ini dilakukan untuk menjaga cita rasa dan ciri khas rumah makan ini.

“Kami juga menyediakan beraneka ragam kopi dan minuman lainnya jadi jalik rumbuk mengusung tema rumah makan rasa kedai kopi karna kami juga menyediakan berbagai jenis kopi khas lombok” tandasnya

selanjutnya asry menyampaikan, kini jalik rumbuk juga sudah ada Live Musik dan penyewaan perlengkapan Camping Ground jadi pengunjung tidak perlu mencari tempat – tempat nongkrong dan kalau ada yang membutuhkan alat – alat camping dimataram cukup datang ke jalik rumbuk baik untuk berakhir pekan sama keluarga dan yang butuh perlengkapan Camping.

“Sejak Pandemi Covid – 19 ini banyak sekali para wisatawan yang ingin berwisata khusus untuk camping Ground mungkin karna beberapa bulan terakhir meraka tidak bisa kesembalun karna di tutup untuk sementara makanya kami sediakan Perlengkapan camping disini ” imbuhnya

Asry berharap rumah makan rumbuk ini bisa mendunia dan banyak orang yang mengenal apalagi sebentar lagi NTB akan menjadi tuan rumah Motor GP sehingga orang luar negeripun bisa memcoba masakan khas lombok timur

“Ya mudah – mudahan makanan khas Rumbuk ini menjadi salah satu Icon wisata kuliner di NTB seperti Nasi Padang” tutupnya (rl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here