Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram H. Mutawalli

Mataram, Pejuangmuda.com Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram H. Mutawalli mengimbau pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH), Kamis, (30/07/2020).

Soal kesiapan dalam Hari Raya Idul Adha 1441 H, Dinas Pertanian Kota Mataram  sudah menyiapkan team sebanyak 50 orang untuk mengawasi penjualan, mengawasi hewan ternak yang akan dibeli oleh masyarakat.

“Juga mengawasi pelaksanaan prokotol Covid-19 di tempat penjualan, Dinas sudah buat standarnya beda dengan tahun lalu,” tegas Kadis H. Mutawalli.

“Team ini juga akan mengawasi saat pemotongan hewan kurban yang akan dipotong, besok pagi akan bergerak semua untuk memastikan kalau ada cacing hati ditemukan segera di ambil dan di sisihkan, jangan sampai termakan oleh manusia,” papar Mutawalli.

Selain itu, Dinas juga sudah menyebarkan selebaran, panitia pelaksana pemotong hewan itu kalau bisa di Rumah Potong Hewan atau RPH, kalau tidak bisa, mereka harus menerapkan protokol Covid-19, diantaranya petugas harus memakai Alat Pelindung Diri atau APD yang lengkap, mulai dari masker,sarung tangan dan lain sebagainya, menjaga jarak, kebersihan tempat,dan tidak melakukan pembagian hewan kurban di tempat pemotongan, dilarang,” tegas Kadis Mutawalli.

Panitia harus mengantarkan ketempat masing-masing penerimaan hewan kurban, untuk menghindari berkumpulnya massa,” ucapnya.

Harapan kedepannya, mudah mudahan masyarakat tetap memperhatikan protokol Covid-19 terutama pada saat pemotongan hewan kurban, jaga kebersihan, yang terpenting cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas pemotongan hewan kurban. (Yyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here