Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, Pejuangmuda.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku wilayah ibu kota Indonesia belum aman dari penyebaran Covid-19. Kendati, saat ini Jakarta sudah tidak ada lagi zona merah penyebaran virus corona.

“Belum (aman dari Covid-19),” kata dia, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta, Jumat (6/11/2020).

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, per Kamis (5/11), seluruh wilayah Jakarta tidak lagi berstatus zona merah penyebaran Covid. Kelima wilayah kota dan Kepulauan Seribu kini berstatus zona oranye atau berisiko sedang.

Terkait hal itu, Anies menyatakan Pemprov DKI tidak berfokus pada perubahan status warna zona penyebaran Covid. Pasalnya, menurut Anies, hal itu disebabkan mobilitas warga Jakarta yang tinggi.

“Karena di Jakarta ini mobilitas pendudukanya itu antar wilayah. Pagi tinggal di Jakarta Timur, siang bekerja di Jakarta Barat, malam berkegiatan di Jakarta Pusat,” ujar Anies.

Oleh sebab itu, menurutnya, status zona merah atau tidak itu tidak relevan ditetapkan di Jakarta. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menilai, penyebaran virus di Jakarta harus dilihat secara komprehensif, tidak bisa per wilayah.

“Jadi masih kita harus lihat Jakarta secara keseluruhan. Bahkan Jabodetabek secara keseluruhan, karena sudah terintegrasi,” paparnya.

Berdasarkan data Pemprov DKI per Kamis (5/11), jumlah kasus positif di Jakarta sebanyak 109.411 kasus. Dari jumlah tersebut, 98.806 dinyatakan sembuh dan 2.331 meninggal dunia.

Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai dengan kemarin sebanyak 8.274 kasus. Mereka masih dirawat atau menjalani isolasi. (*/red)

Sumber : https://mediaanalisindonesia.co.id/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here