Lombok Timur, Pejuangmuda.com – Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy selaku inspektur Upacara membacakan Pidato Gubernur NTB DR. H. Zulkieflimansyah yang di antaranya mengingatkan bahwa kemerdekaan bukanlah formalitas belaka melainkan harus diisi dengan berbagai hal untuk meraih kemajuan.

Patut disyukuri bahwa NTB dalam beberapa waktu terakhir mulai menunjukkan langkah maju. Putra-putri NTB terbukti berhasil membuat inovasi membanggakan, mulai dari alat rapid test corona dengan harga murah, motor dan sepeda listrik dan berbagai inovasi lainnya.

Pada momentum HUT Kemerdekaan RI kali ini, disebutkan ada 500 unit mesin dan non mesin produk IKM NTB, di bawah binaan STIPark NTB. Selain itu IKM sedang melanjutkan pabrikasi mesin sejumlah 2.130 unit yang akan ditampilkan pada HUT NTB 17 Desember mendatang.

Pemerintah Provinsi NTB berjanji akan memberikan ruang lebih besar bagi kreativitas anak-anak NTB membangun dan mengembangan industri apapun, tentunya siap pula mendanai riset terkait upaya untuk menjadikan NTB sebagai daerah industri yang berhasil.

Sebelumnya upaya ini telah ditunjukkan pula melalui kebijakan JPS Gemilang. JPS Gemilang terbukti menjadi inspirasi daerah lain dan mendapat apresiasi Pemerintah Pusat.

Pada momentum peringatan HUT RI Ke-75 ini Pemerintah Provinsi NTB meluncurkan sepeda motor listrik dan mesin-mesin buatan NTB, Program Maha Desa, penyerahan alat rapid test produk unggulan lokal NTB, penandatanganan prasasti gedung layanan Covid-19 dan trauma center RSUD Provinsi NTB, penandatanganan Pergub. UMKM, serta launching market place Provinsi NTB (aplikasi NTB mall).

Ditegaskan pula bahwa keberadaan peraturan daerah tentang penyakit menular yang baru saja disahkan adalah semata untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus corona.
Pada upacara ini Ketua DPRD kabupaten Lombok Timur, Murnan membacakan naskah Undang-undang Dasar 1945, sementara Komandan Upacara adalah Kapten Inf. Masrun, dengan Perwira Upacara Kapten Inf. Agus Mahayadi.

Bagian dari gerakan 500 juta masker yang dicanangkan Pemerintah Pusat, pada kesempatan upacara ini Pemerintah Kabupaten Lombok Timur juga membagikan masker kepada sepuluh perwakilan masyarakat di antaranya: Pelajar, Mahasiawa, ASN, Pramuka, dan ojek daring. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here