Mataram, Pejuangmuda.com – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh bersama jajaran Pemkot Mataram menghadiri acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram yang terhubung dengan Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, melalui Video Conference, Kamis (01/10/2020).

Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara, dengan pembaca teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan mendatangani Ikrar, dan Pembacaan Do’a oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober adalah kegiatan untuk memeringati sejarah G30S/PKI yang terjadi pada tahun 1965 silam.

Peristwa tersebut menewaskan para jenederal dan tujuh martir yang kemudian disematkan gelar Pahlawan Nasional.

Sementara Partai Komunis Indonesia (PKI) disebut menjadi aktor utama dibalik peristiwa sejarah tersebut, sehingga partai tersebut dilarang beridiri dengan ketentuan TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966.

Share.

Leave A Reply