Pejuangmuda.com – Memutuskan untuk kuliah di luar negeri bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara instan guys. Setelah mendapat izin dari orang tua, masih banyak yang harus kamu persiapkan dan nggak boleh setengah-setengah. Tapi, kalau keputusan kamu sudah bulat, berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan.

1. Pilih Negara yang Diinginkan

Ketertarikan kamu akan sejarah dan budaya dari negara itu bisa banget dijadikan alasan. Kamu bahkan bisa bertanya langsung ke kedutaan negara tersebut. Lalu jangan lupa mencocokkan minat dan bakat kamu dengan universitas yang ada di sana. Hal ini penting untuk mengetahui fasilitas apa yang ditawarkan untuk menunjang studi kamu.

2. Cari Informasi Kampus yang Dipilih

Kemudian hal lain yang nggak boleh terlupakan adalah lokasi kampus, transportasi yang harus digunakan, mata kuliah yang diambil, bahasa pengantar kuliah, dosen, atau sekedar informasi makanan halal. Pokoknya cari tahu semua informasinya dengan teliti supaya kamu nggak menyesal.

3. Lengkapi Persyaratan Kuliah

Nah, ini harus dilakukan dengan sangat teliti, Kalau perlu, jangan malu untuk meminta bantuan orang tua kamu, ya! Kamu harus memastikan semua dokumen persyaratan kuliah telah terpenuhi dan tersusun rapi.

Jangan lupa juga sertakan surat rekomendasi untuk kamu yang menggunakan jalur beasiswa. Pastikan juga keterangan yang tertera pada setiap dokumen seragam dan jelas, ya!

4. Motivation Statement

Jika dokumen sudah lengkap, buat motivation statement. Untuk apa? Hal ini diperlukan sebagai komitmen serta acuan untuk mencapai target dan tujuan kuliah yang akan kamu jalankan. Selain itu, motivation statement merupakan salah satu syarat penting dalam program beasiswa, lho!

Jelaskan alasan kenapa kamu memilih kampus tersebut, jurusan yang kamu pilih, keterampilan yang kamu miliki, dan lain-lainnya. So, luangkan waktu untuk menulis ini, ya guys.

5. Rencanakan Pembiayaan

Biaya kuliah juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan. Jika biaya menjadi kendala, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan biaya kuliah di luar negeri. Misalnya saja berburu beasiswa dan program student loan.

Atau kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua yang ahli untuk mencari alternatif lain. Kuncinya adalah terus aktif dalam meng-update informasi biaya kuliah dari kampus yang kamu pilih, ya.

6. Persiapkan Diri & Kesehatan

Kamu juga perlu mempersiapkan dan mengembangkan potensi yang kamu miliki. Kemampuan bahasa terutama Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat dalam penerimaan beasiswa, lho.

Kemudian, jangan lupa pahami tata cara bertahan hidup di negara asing. Karena, kalau kamu nggak terbiasa, hal ini bisa mempengaruhi proses perkuliahan kamu.

7. Fokus

Dari berbagai persiapan tadi, jangan lupa untuk fokus terhadap tujuan dan target yang ingin kamu wujudkan saat berkuliah di luar negeri. Konsistensi adalah kunci. Kamu bisa meminta pertolongan orang lain untuk melakukan persiapan yang lainnya, kok. Jadi, kamu bisa fokus pada pendidikan nantinya dan membanggakan orang tua.

Share.

Leave A Reply