Mataram, Pejuangmuda.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI pada tahap kedua ini di tiga Kabupaten dan satu kota nampaknya segera diberikan kepada penerima. Hal teraebut diungkapkan Ketua Satgas BST tahun 2020 Kornelius Siprianus Lako.

“Ini sudah masuk tahap kedua. Sedangkan tahap pertama kemarin sudah dilaunching oleh Wagub NTB tanggal 6 mei,” kata Kornelius Siprianus Lako kepada media ini di mataram (4/6/2020).

Menurutnya, jumlah penerima di tiga Kabupaten dan satu kota itu sekitar 90 ribu penerima.

“Penerimanya ada 90 ribu. Dan itu tersebar di Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat dan KLU,” tandasnya.

Lanjutnya, dari 90 ribu itu tidak semua penerima datang untuk mengambil. Karena ada yang memiliki KK ganda dan orang yang diundang sudah meninggal.

“Dari 90 ribu penerima itu hanya 77 800 penerima saja yang datang mengambil. Sedangkan pada tahap kedua ini memang datanya agak berkurang dari 90 dan hanya 85 ribu penerima saja,”tuntasnya.

Tambahnya, yang meneri.a bantuan ini adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah. Sedangkan data yang diambil dari desa itu adalah rekapan data pada tahun 2013 lalu.

“Ini info yang kita dapat dari desa. Banyak nama yang muncul tapi orangnya sudah meninggal. Tapu kita dari kemensos itu menginstruksikan jika penerimanya sudah meninggal otomatis kita kembalikan uangnya ke negara,”sambungnya.

Masih menurut Kornelius Siprianus Lako bahwa pihak pihak post 90 persen turun ke lurah dan desa untuk mengantarkan anggaran tersebut.

“Kita itu harus mendekatkan diri dengan masyarakat. Dan masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke post apalagi sampai mengluarkan biayanya untuk mengambil apa yang sudah menjadi haknya ,”imbuhnya. (Yyt)

Share.

Leave A Reply