Photo : Bupati Lombok Timur - H. M. Sukiman Azmy

Lombok Timur, Pejuangmuda.com – Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy mengatakan, Pemerintah Lombok Timur terus berupaya menangani dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Lombok Timur.

Serangkaian penyemprotan disinfektan sudah dilakukan di sejumlah lokasi strategis untuk menimimalisir potensi penyebaran virus. Sementara Pemda dan stakeholders terkait termasuk TNI-Polri terus bersinergi mengedukasi dan mensosialisasikan tentang pentingnya social distancing saat ini.

Bupati Sukiman berharap seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dengan mentaati anjuran pemerintah dalam masa siada darurat penanganan Covid-19 di NTB.

“Masyarakat agar jangan banyak keluar atau bepergian, terapkan sosial distancing, jaga jarak untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19,” katanya, Sabtu (28/3) di Lombok Timur.

Sukiman juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup sehat, rajin cuci tangan, dan juga bisa berupaya mandiri untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

“Dan jangan lagi berkumpul-kumpul terutama yang muda-muda ini. Sebab biasa anak muda yang terpapar itu tanpa gejala, tapi dia bisa menjadi penular untuk yang lain. Ini yang kita jaga bersama,” tegasnya.

Menurutnya, sejumlah study kesehatan sudah menganjurkan peningkatan imunitas tubuh agar kesiapan antibody maksimal untuk menekan pertumbuhan virus.

“Kita minta masyarakat untuk terus menjaga Imun tubuh membentuk antibodi. Antibodi yang di dalam tubuh itu kayak pabrik, kadang banyak kadang sedikit, supaya produksi anti bodi banyak, sering konsumsi vitamin C dan E setiap hari,” katanya.

Berjemur setiap pagi minimal 10 menit juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini juga dianjurkannya.

Selain itu, rajin cuci tangan atau menggunakan handsanitizer setiap kali usai beraktivitas.

“Kelemahan virus itu sama sabun. Kalau nggak ada handsanitizer, pakai sabun apa saja bisa bahkan sabun cuci piring juga bisa. Karena dalam 3-5 menit, virus akan mati sama sabun,” katanya.

Bupati Sukiman mengatakan, masyarakat tidak perlu panik selama menghadapi wabah Covid-19. Yang terpenting adalah kewaspadaan dan kesiapan masyarakat untuk mentaati anjuran pemerintah.

“Pemda bersama Pemprov NTB dan seluruh stakeholders dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid di NTB terus melakukan upaya-upaya, sehingga kita harapkan masyarakat ikut mendukung dengan mentaati pedoman dan anjuran pemerintah,” katanya.

Bupati Sukiman menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan Pemerintah di sejumlah Desa di Lombok Timur yag sudah melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di wilayah masing-masing. (Gra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here