Pejuangmuda.com – Dompu, Taman Baca Masyarakat (TBM) Laskar Tambora resmi diluncurkan pada hari Kamis (21/5) kemarin. Lokasinya berada di Dusun Gunung Sari, Desa Doropeti, Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

Taman baca ini merupakan yang pertama dibangun di daerah itu. Pendiriannya diinisiasi oleh Ishak Baedhowi dan mendapat dukungan dari tokoh masyarakat lokal.

TBM Laskar Tambora dibuka diawali keresahan yang diterima oleh Ishak atas nasib pendidikan warga lokal, terutama anak-anak. Ia sendiri mengaku besar di daerah tersebut. Jadi, ia tahu terus bagaimana masyarakat lokal.

Foto bersama Pendiri TBM Laskar Tambora bersama Kepala Dusun Gunung Sari dan para tokoh lokal dalam acara Peluncuran Taman Baca sekaligus Santunan Yatim dan Dhuafa.

Ishak mengatakan pembangunan di daerahnya masih belum dilakukan secara maksimal. Banyak aspek yang belum disentuh, mulai dari infrastruktur yang tidak memadai, tetapi juga tidak tersedia, tentang sumber daya manusianya yang tidak maksimal. Sementara menurut pemuda yang masih berstatus sebagai mahasiswa aktif Teknik Informatika Universitas Hamzanwadi ini, setiap warga negara berhak atas layanan pendidikan yang memadai dalam rangka menghasilkan manusia yang unggul untuk pembangunan daerah.

“Bagaimana mungkin kemajuan daerah bisa diraih jika kondisi manusianya sebaliknya tidak berpendidikan,” ungkapnya.

Ishak kemudian berinisiatif untuk mendirikan taman baca di daerahnya agar masyarakat, terutama anak-anak mendapat akses bacaan dengan mudah. Kesadaran akan pentingnya literasi sangat diperlukan agar kesenjangan pengetahuan dapat dipangkas.

Ia menegaskan bahwa desa merupakan nyawa Indonesia. Jika desa maju, Indonesia juga bisa maju. Sehingga, masyarakat yang hidup di desa perlu mendapat pengetahuan yang bermutu.

Ishak berharap, melalui TBM Laskar Tambora yang ia inisiasi dapat mendekatkan masyarakat terhadap ilmu pengetahun, sekaligus menjadi solusi atas kurangnya kualitas pendidikan yang diperoleh warga selama ini.

Sampai melebihi ini, buku yang berhasil dikumpulkan terbilang banyak dan beragam. “Saya tidak menyangka, masyarakat senang luar biasa untuk ikut membantu kami di pelosok ini,” Katanya bahagia

Sumbangan donasi diperoleh dari berbagai donatur. Selain bukan Indonesia, tetapi juga ada yang dari Malaysia.

Untuk itu, ia memberikan banyak terima kasih atas kepedualian semua pihak yang telah mendukung taman baca di daerahnya.

Hingga saat ini, ia masih membuka peluang bagi yang ingin ikut serta dalam mendukung buku atau yang lain. Untuk informasi tentang Taman Baca Laskar Tambora dapat menghubungi nomor: 082339925400 (Pendiri TBM Laskar Tambora).

Share.

Leave A Reply