Pejuangmuda.com, Lombok Timur – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Biologi Universitas Hamzanwadi menggelar kegiatan Kemah Darma Bakti Sosial (KDBS) 2020, di Dusun Sesang, Desa Lando, Kecamatan Terara, Lombok Timur.

Kegiatan KDBS diikuti para mahasiswa dari semester 1 hingga semester 7, akan belangsung selama 10 hari dimulai sejak 23 Januari hingga 2 Februari mendatang.

Ketua HMPS Pendidikan Biologi, Rahmat Rizki Aolia Akhzami menjelaskan, kegiatan KDBS ini dilakukan untuk mendorong tumbuhnya semangat kemandirian dan jiwa sosial bagi mahasiswa.

Selain itu, kegiatan tahunan ini juga bertujuan untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat dan mengaplikasikan serta menyalurkan pengetahuan yang mereka dapatkan selama di bangku perkuliahan kepada pemuda dan wagra desa setempat.

“Tujuannya untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu lapangan yang sudah didapatkan saat di bangku perkuliahan kepada masyarakat. Intinya menumbuhkan karakter mandiri dan respek terhadap tanggung jawab sosial ke depan,” kata Rizki, Selasa (28/1) di lokasi kegiatan.

Dipaparkan, tujuan kegiatan terbagi menjadi beberapa bidang. Di bidang sosial, para mahasiswa akan membantu masyarakat dalam kegiatan sehari-hari, serta membantu mengembangkan pengetahuan tentang pertanian dan peternakan kepada masyarakat sekitar.

Suasana dialog mahasiswa pendidikan bilogi Universitas Hamzanwadi dengan tokoh setempat

Di bidang pendidikan, para mahasiswa akan membantu mengembangkan pengetahuan yang sudah dimiliki anak-anak di sekitar Desa Lando Lauk, mulai dari SD, SMP dan juga SMA.

Sementara di bidang ekonomi, para mahasiswa melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk kandang, serta mengedukasi masyrakat tentang limbah organik yang bisa digunakan menjadi pupuk.

Ia memaparkan, selama 10 hari masa kegiatan, para mahasiswa melaksanakan sejumlah kegiatan, seperti pelatihan pembuatan pupuk kandang, reboisasi, Biologi Go to school, ramah tamah, outbond, hingga lomba-lomba Islami.

“Harapannya dengan program yang dilaksanakan ini, para mahasiswa Biologi Universitas Hamzanwadi bisa mendapatkan pengalaman yang tentu akan sangat berguna di masa depan. Semangat mengabdi, abdikan diri untuk masyarakat dan berikan kontribusi terbaik kita untuk bangsa,” ujar Rizki.

Rizki menambahkan, kegiatan tersebut selaras dengan konsep kebijakan Mendikbud, Nadim Makarim, terutama tentang “Merdeka Belajar” dan “Kampus Merdeka”.

Proses kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk berbagi dan memberikan motivasi kepada pelajar setempat.

“Dalam konsep Kampus Merdeka kan iplementasinya bisa diwujudkan dalam kegiatan kampus yang memberikan kesempatan dan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar langsung, serta berekspresi di tengah masyarakat,” tukasnya.

Salah seorang peserta KDBS, mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester 6, Murtiadi Erlan Supraitno mengaku senang dan bahagia bisa mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya sangat Senang bisa mengikuti kegiatan ini.Di sini saya merasakan kebersamaan yang sangat kuat, dan juga rasa tanggung jawab. Saya juga bangga bisa berkontribusi bagi masyarakat dimana mereka merasa termotivasi untuk melanjutkan pendidikan anak-anak mereka setinggi tingginya, agar tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dusun Sesang, Desa Lando, Sahri Alatas mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa Universitas Hamzanwadi.

Menurutnya, masyarakat juga cukup terbantu dengan kehadiran kegiatan para mahasiswa di Dusun Sesang.

“Masyarakat sangat tersentuh dengan kegiatan yang dilakukan mahasiswa. Malah, mahasiswa sampai ikut cuci piring, cuci beras dalam kegiatan zikiran di salah satu rumah warga,” katanya.

Para mahasiswa juga tak segan terlibat langsung dalam kegiatan pertanian di desa, mulai dari mengangkat benih hingga menanam padi di sawah.

“Partisipasi mahasiswa ini luar biasa, dan sangat membantu masyarakat kami,” katanya. (*)

Share.

1 Komentar

Leave A Reply