Keren, Universitas Hamzanwadi Melaunching Belasan Aplikasi Kewirausahaan Teknologi Karya Mahasiswa

Dari 15 aplikasi karya mahasiswa yang dikompetisikan, aplikasi Smart Pondok (SPONDOK) karya Tim Smart Media Creative Universitas Hamzanwadi berhasil meraih juara pertama.

Lombok Timur, Pejuangmuda.com – Universitas Hamzanwadi menggelar kompetisi kewirausahaan teknologi, untuk memacu kreativitas mahasiswa menciptakan karya dan inovasi baru.

Kompetisi yang dilaksanakan berhasil melahirkan setidaknya 15 inovasi teknologi berupa aplikasi dan platform digital hasil karya para mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi.

Grand Launching Day Kewirausahaan Teknologi yang mengangkat tema “Menuju Inovasi Industri 4.0” digelar di gedung Rektorat Universitas Hamzanwadi, Lombok Timur, untuk memperkenalkan belasan hasil inovasi para mahasiswa ke publik.

“Launching ini bertujuan untuk memperkenalkan beberapa aplikasi yang telah dibuat mahasiswa-mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi kepada khalayak banyak, terutama dari sisi manfaat dan tujuan dibuatnya aplikasi ini,” kata Dosen Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi, Moh Farid Zaini MSc.

15 inovasi teknologi berupa aplikasi dan platform digital hasil karya para mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi.

Salah satu aplikasi yang dilaunching adalah Print Jasa Online (PJO) karya sejumlah mahasiwa yang tergabung dalam Tim Succes.

Winda, seorang mahasiswi anggota Tim Succes menjelaskan, aplikasi PJO ini dibuat untuk memudahkan dan mempercepat kostumer untuk menjangkau penyedia jasa, dan memperluas jangkauan pekerjaan.

“PJO juga bisa membuat peluang besar untuk jasa print online ini kepada masyarakat atau mahasiswa,” kata Winda.

Winda mengaku, kompetisi yang digelar Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi sangat positif dan bisa membuka pemikiran dari para mahasiswa.

Dengan kegiatan seperti ini, para mahasiswa bisa berkreasi dan berinovasi dan tidak melulu bergantung pada kampus.

“Daya kreatif melakui aplikasi teknologi ini juga sangat mendukung dan membuka peluang pekerjaan atau wirausaha,” jelas Winda.

Tim Succes Salah satu kelompok yang sedang mempersentasikan aplikasi yang dilaunching adalah Print Jasa Online (PJO).

Winda berharap aplikasi karya mahasiswa Universitas Hamzanwadi bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, dan dirasakan manfaatnya.

Smart Pondok Raih Juara Pertama

Dari 15 aplikasi karya mahasiswa yang dikompetisikan, aplikasi Smart Pondok (SPONDOK) karya Tim Smart Media Creative Universitas Hamzanwadi berhasil meraih juara pertama.

CEO SPONDOK, Harry Sunaryo menjelaskan, SPONDOK merupakan aplikasi dengan sistem multiplatform. Sehingga tidak hanya berbentuk aplikasi digital tapi juga dalam bentuk website.

“SPONDOK bertujuan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan Wali dan Santri, misalnya pembayaran SPP dan sebagainya,” jelas Harry Sunaryo.

Gagasan usaha berbasi teknologi ini awalnya hanya tugas mata kuliah kewirausahaan IT saja. Namun setelah di persentasikan, ide tersebut tak hanya untuk memenuhi nilai kelulusan. Tapi juga punya potensi besar untuk dikembangkan (Photo Bersama Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi)

Mahasiswa Teknik Informatika yang akrab disapa Hary ini berharap aplikasi SPONDOK dapat membantu pengembangan pondok pesantren. Sebab aplikasi SPONDOK juga mempermudah proses bisnis yang ada dalam pondok baik itu berupa koperasi, konveksi, percetakan, maupun yang lainnya.

“Dengan aplikasi SPONDOK ini, kegiatan bisnis bisa dilakukan secara digital,” kata Harry.

Aplikasi MOMENT karya Tim Trust Media meraih juara II dalam kompetisi, dan di posisi ketiga ada aplikasi Solusi Sampah (SOLAH) karya Tim Central Solah.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi, Hariman Bahtiar menyampaikan kebanggaan dan apresiasi atas inovasi kreatif para mahasiswa.

“Kami berharap dengan kegiatan seperti ini para mahasiswa bisa terus mengembangkan jiwa kreativitas sehingga nantinya memiliki output skill yang dapat bersaing di tingkat daerah maupun nasional,” kata Hariman.

4 KOMENTAR

  1. each no book their maintain region name either send
    music fact low find pull network well during campaign market television late strategy nation chance die response represent general leave right reduce pick someone however public memory expect teach unit
    north change radio edge summer discuss level seem sit
    factor form able

  2. Hi there would you mind stating which blog platform you’re
    working with? I’m planning to start my own blog soon but I’m having a hard time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your layout seems different then most blogs
    and I’m looking for something completely unique.
    P.S Sorry for getting off-topic but I had to ask!

  3. Thanks a lot for providing individuals with such a breathtaking opportunity to check tips from this blog. It is often so lovely and as well , full of a good time for me personally and my office co-workers to visit your blog at the very least 3 times a week to learn the latest guidance you have. Of course, we are actually fulfilled with the fabulous hints served by you. Some 2 ideas in this post are in reality the simplest we have all ever had.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here