Photo bersama KPUM Universitas Hamzanwadi bersam kedua paslon usai pelaksanaan debat kandidat secara online (Live Streaming)

Lombok Timur, Pejuangmuda.com – Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Universitas Hamzanwadi, telah melaksanakan debat calon ketua Badan Eksekutif Mahasiswa 22/8/2020 melalui streaming Facebook KPUM Universitas Hamzanwadi & NW Media Center  dan akan melaksanakan pemilihan pada tanggal 24/8/2020.

Universitas Hamzanwadi merupakan kampus pertama di NTB yang menerapkan e-votting. e-votting salah satu langkah untuk pergantian kepengurusan BEM, yang pengurus sebelumnya telah habis masa jabatannya. Langkah ini dinilai paling tepat untuk melakukan pemilihan, karena harus mematuhi protokol kesehatan.

Untuk pemilih harus merupakan mahasiswa aktif yang telah terdaftar dengan memakai Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), dan untuk mengetahui mahasiswa tersebut benar mahasiswa Hamzanwadi, maka KPUM akan melakukan kerjasama dengan pihak kampus mengenai data induk keseluruhan mahasiswa.

Photo kedua pasangan calon

Kemudian KPUM menyediakan data formulir melalui website yang sudah dibuat dan masuk link dengan NPM. Untuk mengetahui pemilih merupakan mahasiswa Hamzanwadi, maka pemilih harus menaruh foto.

“Untuk pengembangan aplikasi, kami meminta untuk pemilih melalukan selfie,” kata Muhammad Mahali Fikri yang merupakan ketua KPUM saat diwawancarai wartawan berugakrakyat.

“Kami hanya tidak menampilkan foto saat memilih salah satu calon, kami tetap mengedepankan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ujar Fikri.

Untuk keamanan data, pihak KPUM telah bekerjasama dengan Ayok Kreatif.com “Kami hanya membayar ke Ayo Kreatif.com, sedangkam kami hanya panitia penyelenggara,” kata Fikri

“Untuk keamanan data, kami sudah percayakan kepada pihak kerjasama,” lanjut Fikri

Penyelenggaraan pemilihan ketua BEM ini masih mengalami kendala jaringan, sampai saat ini masih banyak daerah tempat tinggl mahasiswa belum teraliri jaringan internet secara penuh. “Masih banyak yang belum bisa memilih karena masih terkendala di jaringan dan kuota,” Tutup Fikri (MRi)

Sumber : Berugakrakyat.com dengan judul : Hamzanwadi Kampus Pertama di NTB Terapkan Pemilihan Ketua BEM Secara Daring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here