Lombok Barat, Pejuangmuda.com–  Diskominfotik-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Barat yang dipimpin oleh Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, S.H.I. melakukan kunjungan ke Posyandu Karya Sehati Dusun Nyiur Lembang Desa Jembatan Gantung, Senin (09/08/2020).

Kunjungan yang merupakan program rutin Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Barat (Kab.Lobar) dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat dan cerdas melakukan pemberian vitamin A bagi Bayi dan Balita.

Selain pemberian Vitamin A juga memberikan obat cacing kepada anak usia 1 sampai dengan 2,5 tahun dan tetesan vaksin polio.

Kepala Dusun Nyiur Lembang M. Rizal dalam laporannya mengatakan, sebanyak 147 orang anak yang terdaftar sebagai peserta Posyandu untuk mendapatkan vitamin A diantaranya bayi sebanyak 23 orang dan balita sebanyak 124 orang.

“Dari 147 orang anak tersebut tercatat 3 orang anak yang mengalami bawah garis merah (BGM). Di Dusun Nyiur Lembang terdapat 12 orang kader yang selalu aktif melakukan pendampingan dalam setiap kegiatan posyandu,”Jelasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, S.H.I. dalam sambutannya mengatakan, rangkaian kegiatan Posyandu ini merupakan rangkaian pertama setelah mewabahnya covid – 19. Dan tetap mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga Kesehatan diri dan keluarga serta patuh terhadap protokol Kesehatan dengan tetap mencuci tangan di air yang mengalir, menjaga jarak dan menggunakan masker kemanapun akan bepergian.

“Rangkaian kegiatan Posyandu ini merupakan rangkaian pertama setelah mewabahnya covid-19 dan saya mengingatkan kita semua dan masyarakat juga dihimbau agar menjaga Kesehatan diri dan keluarga dengan patuh terhadap protokol Kesehatan guna memutus penyebaran covid-19.” Terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Khaeratun melakukan penimbangan bayi dan memberikan tetesan vitamin A secara simbolis bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lombok Barat Hj. Nurhikmah Baehaqi, selain pemberian vitamin A dan vaksin polio juga dirangkai dengan pemberian sertifikat 1000 hari kehidupan kepada 3 orang anak.

Sementara itu Kepala Puskesmas Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, Agus Sutrisman menegaskan bahwa pemberian vitamin A dilakukan dua kali dalam 1 tahun. Ada dua jenis warna vitamin A, warna biru diberikan kepada bayi yang berusia 0 sampai dengan 11 bulan kemudian warna merah diberikan kepada balita usia 1 sampai dengan 5 tahun. Dalam mendukung kegiatan ini puskesmas Jembatan Kembar juga mengikutsertakan 15 orang tenaga kesehatan diantaranya dokter dan bidan,”Ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut ketua TP PKK Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, S.H.I., Ketua DWP Kabupaten Lombok Barat, Hj. Nurhikmah Baehaqi, Kepala Desa Jembatan Gantung, Suhaimi, Kepala Dusun Nyiur Lembang, M. Rizal, Bhabinkamtibmas dan masyarakat dusun setempat. (Windi)

Share.

Leave A Reply